Puri Orchard Apartemen

Puri Orchard Apartemen Terbaik Di Jakarta

Manfaat Penting Melindungi Merek Bagi Perusahaan

Manfaat Melindungi Merek Bagi Perusahaan Arti Penting Merek Bagi Perusahaan

Ada banyak manfaat melindungi merek bagi perusahaan, yang pasti perusahaan dapat bertahan dalam persaingan bisnis dan memiliki ciri khas pada setiap produk.

Memiliki merek sendiri menjadi suatu kebanggaan karena menandakan hasil kerja keras Anda. Merek merupakan sebuah aset berharga yang diperoleh dari kerja keras yang tidak mudah. Tidak semua orang dapat membuat merek dan menjadikannya sebagai merek yang terkanal di tengah masyarakat. Selain itu, merek juga harus mendapatkan pengakuan hukum agar dapat beredar di pasaran.

Lihat Juga :

Sayangnya, masih ada banyak orang yang belum mendaftarkan merek dan menyadari betul apa manfaat melindungi merek bagi perusahaan. Padahal ada segudang manfaat positif yang bisa sebuah perusahaan peroleh jika memutuskan untuk melindungi merek yang telah diciptakan. Berikut ini akan dibahas mengenai manfaat apa saja yang pasti bisa dirasakan jika melindungi merek.

3 Manfaat Melindungi Merek Bagi Perusahaan

Ada banyak alasan yang membuat merek harus dilindungi hal ini dikarenakan merek merupakan identitas produk yang disebar ke pasaran. Bayangkan saja jika sebuah produk tidak memiliki merek, biasanya konsumen akan sanksi untuk membelinya dan menganggap produk tersebut tidak aman dan layak konsumsi. Selain itu, merek harus dilindungi karena setidaknya ada 3 manfaat yang bisa dirasakan berikut ini.

  1. Manfaat melindungi merek yang pertama adalah terhindar dari plagiarisme atau penjiplakan dari perusahaan pesaing. Bayangkan saja, jika Anda memiliki merek, namun tidak dilindungi dengan cara didaftarkan ke lembaga yang berwenang, maka dengan mudah pihak lain akan mengklaimnya dan menjadikan produk yang Anda ciptakan dilabeli dengan merek perusahaan pesaing. Hal ini akan membuat perusahaan pesaing yang justru lebih terkenal. Dan lebih menyakitkan karena harta berharga yang diperas dari keringat dan pikiran Anda malah dicuri.
  1. Kedua, perusahaan mendapatkan perlindungan hukum yang jelas atas merek. Pemerintah Indonesia sendiri sudah memiliki regulasi yang jelas mengenai perlindungan merek, semuanya di atur dalam undang-undang. Jika merek sudah didaftarkan otomatis terlindungi di bawah payung hukum, jika terjadi hal yang tidak diinginkan seperti penjiplakan, perusahaan bisa mengajukan gugatan dan biasanya akan menang. Sebagai pihak yang dirugikan, Anda juga dapat mengajukan tuntutan royalti.
  1. Terakhir, merek yang terdaftar bisa dijadikan sebagai aset yang berharga bagi perusahaan. Sebagai aset, merek memiliki nilai secara material. Hal ini bisa membuat perusahaan mengajukan pinjaman ke perbankan atau mendapatkan investasi dari pihak lain. Dengan melindungi merek berarti merek telah disahkan dan telah legal, Anda bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan perusahaan dengan uang pinjaman atau investasi dari pihak luar.

Ketiga manfaat tersebut sekiranya dapat meyakinkan Anda untuk sesegera mungkin mengajukan pendaftaran merek. Tidak ada kerugian sama sekali jika Anda melindungi merek.

Lihat Juga :

Proses yang dilakukan juga kini sudah tidak serumit dulu, karena proses juga bisa dilakukan secara online. Anda bisa langsung saja mencari informasi lanjutan mengenai cara mendaftarkan merek. Semoga saja Anda dapat mengambil informasi yang bermanfaat dari ulasan tentang manfaat melindungi merek bagi perusahaan ini.

Terima Kasih Telah Membaca Artikel Tentang Merek Dagang, Hak Merek, Ide Nama Toko, Nama Perusahaan Yang Bagus, Pendaftaran Merek, Jasa SEOPakar SEO Sigit Hermawan, Semoga Bermanfaat!